Thursday, June 20, 2013

Memilih teman curhat yang baik

Dalam kehidupan, so pasti kamu tidak luput dari masalah. Betul tidak ? Tetapi masalah itu bukan untuk dihindari melainkan  untuk dicarikan solusinya yang terbaik. Salah satu cara yang ditempuh kawula muda untuk itu biasanya curhat sama teman. Mungkin kamu butuh curhat kalau ada masalah yang menimpa.
curhatTapi ingat curhat itu jangan dilakukan sembarangan, Apalagi kepada  orang yang tidak punya empati. Boro – boro diberi jalan keluar, bisa – bisa malah mendapat masalah baru. Makanya kalo kepengen  curhat yang baik dan punya manfaat, ikuti saran-saran dibawah ini:
1. Curhat paling baik dilakukan sama orang tua. Mereka bisa tahu dan paham apa yang sedang kamu hadapi.Dengan begitu  komunikasi dengan orang tua dapat tercipta secara baik penuh dengan keharmonisan, hingga kamu bisa lebih disayang. Memang  sudah selayaknya hubungan antara orang tua dan anak-anaknya berjalan secara baik, karena itu lah yang diajarkan agama.
2, Kalo curhat sama teman sebenarnya tidak ada masalah, namun mesti diingat jangan sampai sang teman membocorkan rahasia  kamu. Selain itu hubungan pertemanan juga harus sesuai dengan syariat yaitu kamu sebagai cewek harusnya juga curhat sama temen  cewek kamu, dan bukannya sama teman cowok kamu.
3. Teman curhat yang baik adalah seorang pendengar setia. Teman curhat yang hebat adalah teman yang bisa membuat hati kamu  tenang dan mengarahkan kamu untuk selalu ingat kepada Allah sehingga solusi yang dicari akan mudah didapatkan. Teman curhat  yang baik pun tidak sekedar menceramahi kamu, tapi juga menyarankan untuk berfikir positif terhadap masalah yang sedang kamu  hadapi.
4. Teman Curhat siap diajak berbgai suka dan duka serta siap menampung segala keluhan kamu. Tidak pernah mengeluh kalo kamu  sering curhat, juga mampu memotivasi kamu agar bisa berbuat lebih baik lagi.
http://id-upienawa.blogspot.com/2013/06/memilih-teman-curhat-yang-baik.html
5. Curhat yang kamu lakukan mesti didasari untuk saling mengungatkan akan kehadiran Allah, sebab masalah yang kamu hadapi  adalah bagian dari ketentuan-Nya. Teman curhat dalam hal ini akan selalu mengingatkan agar kamu senantiasa beribadah kepada  Allah, karena hanya kepada Dia kita semua mengadu.
6. Teman curhat kamu hendaklah orang yang berani mengkritik kamu demi kebaikan. Hal ini dilakukan agar kamu bisa menerima  kenyataan dan tidak bersikap cengeng menghadapi sesuatu yang menimpa kamu.
7. Curhat yang kamu lakoni harus bernilai pendidikan. Artinya dari curhat itu harus memberi kamu ilmu dan pengetahuan serta  wawasan. Jadi tidak sekedar menumpahkan uneg-uneg semata. Melainkan memberi sesuatu yang bermanfaat disaat menghadapi masalah  yang terjadi.
8. Curhat yang dilakukan mudah-mudahan menjadi persahabatan yang dibangun dua sahabat yang saling berempati.
Begitulah curhat, yang mudah – mudahan saat dijalankan akan memberi manfaat dan dapat memberikan makna yang berarti. Semoga !

About the Author

upie nawa

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

Post a Comment

 
Upie Nawa Blog © 2015 - Designed by Templateism.com