Monday, June 17, 2013

Tips merawat lensa kamera DSLR


Lensa DSLR
Silahkan simak dengan seksama Beberapa Tips dalam Merawat Lensa Kamera DSLR. 
Batere Kemera DSLR berbahan lithium-ion umumnya mampu bertahan dalam 500 kali siklus recharge sebelum kerjanya mulai menyusut, kalau memang sudah waktunya jangan kaget kalau batere anda harus ganti. Buang sampah batere ditempat khusus (meskipun pengelolaan sampah kita tidak pernah memisahkan jenis limbah apapaun). Jagalah kebersihan lensa. disaat membersihkan lensa, hindari langsung menyemprotkan cairan pembersih ke lensa, tetapi harus dulu ke lap microfiber sedikit saja lalu baru usapkan lap microfiber tersebut ke bagian lensa.kamera DSLR Anda.

Kamera digital serupa barang elektronik konsumen lainnya, sangat membutuhkan perawatan ekstra. Kamera DSLR memiliki komponen sangat sensitif dan mudah rusak kalau kita salah memegangnya. Misalnya, jika kamera atau lensa anda jelas-jelas menyatakan waterproof atau weather sealed, maka sebaiknya jauhkan Kamera DSLR dari air dan basah. Karena air dapat menimbulkan kelembaban bagian kamera dan bisa membuat komponen dalam itu rusak. Kamera weather sealed tidak berarti anda bisa memasukannya ke air.
http://id-upienawa.blogspot.com/2013/06/tips-merawat-lensa-kamera-dslr.html
Zat kandungan garam dilaut sangat korosif bagi bagian berbahan logam yang ada di dalam kamera DSLR maupun lensa DSLR sehingga berpotensi terbentuk karat. Setelah melakukan pemotretan dengan Kamera DSLR di dekat laut, langsung bersihkan kamera anda dengan lap yang sedikit dibasahi untuk mengusap sisa garam yang mungkin menempel di kamera. Setelah itu lap lagi dengan lap hingga benar-benar kering.

Terdapat komponen bergerak pada kamera dan lensa seperti tombol, dial, engsel pintu batere dan memory card, focusing ring dan putaran zoom lensa. Kalau ada bagian itu yang macet janganlah diputar atau dibuka dengan paksa. Jika anda memang tidak paham, bawalah ke teman yang ahli atau bawa ke service center. Karena kalau anda paksakan bisa saja ada bagian tersebut yang patah.

Nonaktifkan terlebih dahulu kamera DSLR anda ketika akan mengeluarkan batere atau memory card dan saat anda menghubungkannya ke perangkat komputer, kamera memiliki komputer didalamnya dan bisa jadi tidak tahan terhadap perubahan arus listrik secara mendadak.Strap kamera ada agar kamera anda tidak gampang jatuh dengan tidak sengaja, kalau memang merasa tidak nyaman memakai strap bawaan, belilah yang lebih nyaman. Jangan meninggalkan kamera didalam mobil dalam waktu yang lama apalagi jika mobilnya terpapar sinar panas matahari langsung. Kamera DSLR memiliki batas toleransi suhu aman dan akumulasi panas didalam mobil sangat beresiko melebihi rentang tadi.

Cek keberadaan debu yang menempel di sensor kamera DSLR anda. Jika memang ditemukan debu, silahkan gunakan blower. Namun, senadainya penggunaan blower tidak bisa menyingkirkan debu, bawa ke service center. Simpan selalu kamera DSLR anda di tempat yang kering dan tidak terkena cahaya matahari langsung. Kalau memang ada sedikit uang, belilah dry box atau dry cabinet sehingga anda bisa selalu mengontrol tingkat kelembaban. Atau ada alternatif lain, misalnya menggunakan memakai silica gel.

Nah, udah paham kan? Silahkan terapkan Tips Ampuh Merawat Lensa DSLR anda agar selalu awet. Mungkin tips ini kurang sempurna, jadi kami sarankan silahkan cari Tips Ampuh Merawat Lensa DSLR disumber yang lain agar pengetahuan anda tentang Merawat lensa DSLR semakin bertambah

About the Author

upie nawa

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

Post a Comment

 
Upie Nawa Blog © 2015 - Designed by Templateism.com